Ringkasan Fisiologi Manusia

Fisiologi manusia, secara sederhana, adalah ilmu tentang bagaimana tubuh kerangka manusia bekerja. Anatomi, yang sering membingungkan fisiologi, adalah studi tentang apa yang terdiri dari tubuh.

Sistem tubuh manusia

Tubuh manusia terdiri dari beberapa sistem yang bekerja sama untuk memastikan kelancaran fungsi tubuh. Banyak dari sistem yang saling berhubungan dan beberapa komponen dari satu sistem juga dapat menjadi komponen, atau melayani fungsi tambahan di, sistem lain.

Ada sepuluh sistem utama tubuh yaitu sebagai berikut:

Sistem peredaran darah: jantung bertanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan arteri. Darah perlu mengedarkan tubuh secara konstan untuk menyediakan oksigen dan bahan bakar ke organ, otot, dan kulit

Sistem gastrointestinal: dimulai dengan mulut dan berakhir dengan rektum, sistem ini memproses makanan dan mengubahnya menjadi bahan bakar, kemudian mengeluarkan produk limbah apa pun dari anus

Sistem reproduksi: alat kelamin pria dan wanita dan organ terkait untuk reproduksi

Sistem endokrin: terdiri dari semua kelenjar utama yang bertanggung jawab untuk sistem komunikasi hormonal tubuh

Sistem integumen: ini adalah kata panjang untuk penutup tubuh yaitu kulit, kuku dan rambut serta kelenjar keringat. Selain bertindak sebagai “wadah” untuk isi tubuh dan untuk perlindungan organ, kulit ditutupi sensor dan mengirimkan sinyal sensorik ini kembali ke otak.

Sistem muskuloskeletal: kerangka dan otot yang bertanggung jawab atas struktur dan bentuk kita secara keseluruhan

Sistem pernapasan: hidung, trakea dan paru-paru yang memastikan tubuh mengambil oksigen yang cukup

Sistem kemih: bertanggung jawab untuk pengeluaran air limbah yang tidak diinginkan dari darah, yang disebut urea

Sistem saraf: jaringan saraf ini menghubungkan otak ke seluruh tubuh. Otak melakukan pemikiran, dan mampu menghasilkan emosi dan memproses indera yaitu penglihatan, penciuman, rasa, sentuhan dan pendengaran.

Sistem kekebalan: sistem ini melindungi atau mencoba melindungi tubuh dari penyakit dan penyakit. Jika ada benda asing masuk dan mencoba menyerang tubuh, sistem kekebalan mengirimkan protein untuk mencoba dan menghancurkannya.

Semua sistem ini memiliki bidang fisiologinya Jual Kaki Tangan Palsu Modern sendiri yang biasanya dipelajari sebagai modul terpisah. Siswa dengan kesukaan atau bias tertentu terhadap satu bidang dapat memilih untuk menjadi spesialis di bidang itu. Misalnya, penelitian tentang sistem kekebalan akan membantu kondisi modern seperti AIDS, dan dokter yang meneliti bidang fisiologi ini, menjadi imunologi, akan menjadi ahli imunologi.

Fisiologi manusia adalah subjek yang menarik dan hanya salah satu dari banyak bidang ilmu yang dipelajari dokter dalam perjalanan mereka untuk menjadi dokter umum atau ahli bedah. Selain penting di bidang medis, pengetahuan yang baik tentang fisiologi manusia juga penting bagi para profesional olahraga seperti pelatih dan fisioterapis. Juga dalam dunia terapi pengobatan komplementer, seperti akupunktur dan pijat, sangat penting untuk memahami cara kerja tubuh agar dapat melakukan pengobatan secara efektif tanpa merusak tubuh.

Baca juga: Mempekerjakan Penyandang Cacat – Aspek Halus dari Hukum Ketenagakerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *